Kemunculan Tokek Raksasa yang Menggemparkan

Tokek Terbesar Di Dunia

Apa yang akan anda lakukan jika tiba-tiba anda melihat seekor tokek raksasa atau mimpi tokek dalam tidur anda? Mungkin anda akan langsung teriak dan lari, apalagi jika anda tahu tokek tersebut akan menggigit anda. Jangankan di kehidupan nyata, bertemu dengan tokek di dalam mimpi saja dapat berarti bahwa anda akan mendapatkan suatu kesialan di dalam hidup anda. Tetapi tidak demikian yang terjadi di perbatasan Nunukan-Malaysia di Kalakbakan. Tokek berukuran raksasa justru menjadi pembawa rejeki. Memang reptil yang memiliki suara khas ini saat ini malah diburu karena harga tokek yang semakin hari semakin mahal. Jika biasanya kita menjumpai tokek di sekitar rumah atau di hutan, maka sekarang kita akan lebih mudah menjumpainya di pasar hewan.

Tokek Terbesar Di Dunia
Tokek Terbesar Di Dunia

Hewan berkaki empat ini tentu saja tidak diburu untuk dijadikan hewan peliharaan. Ia juga tidak diburu karena suaranya yang keras. Tokek diburu karena ada kandungan di dalam darah, lidah dan empedu tokek yang dinilai sangat bagus untuk berbagai penyakit. Tokek dengan bobot lebih dari 3 ons memiliki zat yang dapat melawan virus HIV di lidah dan darahnya. Kemudian empedunya juga dikatakan dapat membantu dalam penyembuhan penyakit AIDS dan mengandung senyawa anti-tumor dan kanker. Kandungan inilah yang menyebabkan tokek diburu dan dapat dijual dengan harga mahal. Tetapi sepertinya tokek raksasa yang ditemukan di Malaysia tersebut tidak akan menjadi santapan orang yang membelinya.

 

Tokek Raksasa Seberat 64 kg

Tokek Raksasa
Tokek Raksasa

Seorang remaja Malaysia bernama Arbin yang tinggal di Kalabakan, Malaysia mendapatkan rejeki besar setelah Ia menemukan tokek raksasa di wilayah hutan di Nunukan, Malaysia, yang letaknya tidak jauh dengan perbatasan Indonesia-Malaysia. Tokek ini ditemukan pada tahun 2010 dan ketika itu memang tokek sedang sangat banyak diburu oleh masyarakat untuk dijual dengan harga tinggi. Pemuda ini pada awalnya hanya ikut-ikutan untuk mencari tokek dan berjalan-jalan di hutan. Pada saat itulah Ia secara tidak sengaja melihat tokek yang sangat besar. Arbin pun terkejut karena tokek ini memiliki ukuran yang sama dengan seekor buaya. Baca: makanan tokek

 

Tokek yang ditemukan oleh Arbin ternyata memiliki berat 64 kg. Karena beratnya itulah tokek raksasa ini tidak mampu menggerakkan tubuhnya dan hanya bisa diam ketika Arbin menemukannya. Tokek itupun kemudian dibawanya pulang dan diabadikan melalui sebuah foto sebelum akhirnya dijual. Banyak orang langsung mengincar tokek tersebut dan menghubungi Arbin. Tetapi, akhirnya tokek tersebut jatuh ke tangan seorang pedagang dari Indonesia yang kemudian membawanya ke luar negeri. Tokek ini terjual dengan harga RM 1 juta per kilogramnya, yang berarti tokek tersebut berharga RM 64 juta atau setara dengan Rp 179,2 miliar pada saat itu dengan kurs Rp 2.800. Setelah terjual pun masih banyak yang menanyakan tokek tersebut kepada Arbin dan siap membeli dengan harga lebih mahal.

 

Tokek Raksasa di Indonesia

Berat Tokek Raksasa
Berat Tokek Raksasa

Selain tokek raksasa yang ditemukan Arbin, masih ada beberapa tokek raksasa yang sebenarnya terdapat di Indonesia, terutama di pedalaman Kalimantan. Contohnya adalah Tokek Hutan Kalimantan Tengah yang merupakan tokek terbesar ketiga di dunia yang memiliki berat 5 kg dan dapat dijual dengan harga hingga 25 juta rupiah. Ada pula tokek berdada merah dengan berat mencapai 4 kg dan memiliki predikat sebagai tokek terbesar ketujuh di dunia. Mungkin jika anda berminat, anda bisa pergi ke Kalimantan untuk berburu dan menjual tokek. Tetapi tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan terutama dari faktor keamanan dan bahaya tokek karena beberapa tokek dapat menggigit tangan anda hingga berdarah.


Tags:

Ads