Cerita Legenda Malin Kundang Yang Banyak Makna

Cerita Legenda Malin Kundang

Banyak cerita yang ada di masyarakat Indonesia salah satunya adalah Cerita Legenda Malin Kundang yang ada di sekitar kita, ketahui bebrapa makna tersebut. Banyak hal yang dapat dipetik dari setiap cerita yang ada. Salah satunya tentunya berkaitan erat dengan perilaku atau attitude yang ada pada masing individu. Bukan hal yang aneh jika memang legenda menjadi salah satu penyaluran ide. Karena hamper semua yang ada di dalam cerita yang ada di legenda, mengandung banyak sekali arti. Bukan tidak mungkin, cerita tentang malin kundang yang satu ini juga menceritakan permasalahan yang sering terjadi, dan dapat dijadikan contoh yang baik untuk merubah perilaku  buruk yang kita miliki.

Cerita Legenda Malin Kundang
Gambar Batu Malin Kundang @ wikimedia.org

Cerita Legenda Malin Kundang

Salah satu yang menjadi topic dari Malin Kundang, adalah tentang tidak bolehnya kita durhaka kepada orang tua, apalagi ibu. Ibu merupakan orang yang selalu merawat kita, dan lain sebagainya. Dalam alkisah legenda tersebut diceritakan bahwa terdapat seorang anak bernama malin kundang yang akhirnya tengah merantau mencari ilmu yang bermanfaat. Setelah diberikan resetu oleh sang ibu, maka berangkatlah malin untuk menuntun apa yang ingin dia pelajari. Hasilnya, membuat malin menjadi sukses dan juga kaya raya. Pada masa perantauan itu pula dia akhirnya bertemu dengan gadis yang dia inginkan dalam hidupnya.

Setelah melakukan atau menemui gadis tersebut, akhirnya mereka menikah dan melakukan pelayaran yang meriah bersama kapal dan juga awaknya yang besar. Pada suatu hari, kapal berhenti di desa tempat malin kundang lahir. Ibu malin yang mendengar kabar terdapat malin kundang langsung ingin menemui anaknya yang memang pada saat itu tidak saling bertukar kabar. Tetapi sayangnya, saat kapal si malin telah berlabuh, Malin bahkan tidak mengetahui ibunya dan justru tidak mau mengenal  ibunya karena status yang memang telah dimilikinya. Saat dihampiri, malin justru acuh tak acuh pada ibuya, dan malah meremehkannya ibunya di muka umum. Hal tersebut sontak membuat sang ibunda naik pitam.

Setelah pergulatan dari pembicaraan malin dan ibu, akhirnya ibu malin marah dan membuat malin menjadi batu, seperti Cerita Legenda Malin Kundang yang pernah disebutkan. Akhirnya pada saat itu juga malin menjadi batu begitu juga kapal dan awak buah yang dibawanya. Hal tersebut adalah hasil doa dari ibu yang merasa anaknya telah mendurhakainya. Tentunya, cerita di atas dapat dijadikan notifikasi bagi anda, agar selalu menyayangi ibu, dan tentunya memberikan contoh yang baik untuk yang lain, agar jangan berani menentang orang tua, apalagi pura-pura tidak mengenal. Hal tersebut memang merupakan salah satu dari sekian banyak Cerita Legenda Malin Kundang yang memiliki unsur untuk mengajarkan dengan positif, kepada semua khalayak yang ada di sekitar kita.


Tags:

Ads

You May Also Like

Vicky-Shu-Wanita-Cantik-Indonesia

Foto 10 – 3 Wanita Tercantik Indonesia Versi Artis

Foto 10 – 3 wanita tercantik Indonesia versi artis Sherly yang perlu anda ketahui ...

Catatan khutbah jumat Peluang terbukanya pintu pertolongan Allah

Ini adalah catatan khutbah jumat yang insyaAllah akan terus saya update setiap minggunya, guna ...

Ini dia Tips dan kiat menjadi pengusaha yang sukses

Tips dan kiat menjadi pengusaha yang sukses – Setiap insan di dunia ini berhak ...