Cara Mencegah Kehamilan Anak DiLuar Nikah

Cara Mencegah Kehamilan Di Luar Nikah

Cara Mencegah Kehamilan Di Luar Nikah – Masa remaja merupakan sebuah masa dimana seorang anak manusia mengalami masa transisi dari usia anak-anak menuju pada usia yang lebih dewasa. Di dalam mas transisi ini akan banyak permasalahan serta tantangan yang harus dihadapi oleh seorang anak manusia, yang salah satunya adalah dalam proses menentukan sorang yang menjadi pasangan hidupnya di kemudian hari.

Masa remaja yang dialami oleh setiap anak manusia selalu identik dengan masa-masa romantis yang dialami dalam proses berpacaran dengan seorang lawan jenis yang menjadi pilihan hatinya.Keindahan suasan hati karena buaian asmara tidak jarang membuat seorang anak remaja lupa akan norma-norma yang seharusnya mereka jaga. Ya, dalam kondisi kjiwaan yang masih labil tidak jarang mereka kehilangan kontrol hingga seringkali terjadi sebuah peristiwa yang tidak diinginkan, yaitu kehamilan di luar pernikahan.

Sesungguhnya di dalam masa remaja ini, peran orang tua sangat diperlukan, sperti halnya pada cara mendidik anak yang baik yang telah mereka lakukan dalam mencurahkan perhatian serta bimbingan kepada anak-anak mereka. Gaya hidup yang dijalani oleh anak remaja akan lebih menuntut sebuah pola dan bentuk perhatian dari orang tua yang lebih kompleks. Bukan hanya sekedar untuk memberikan larangan maupun teguran, akan tetapi anak remaja akan lebih membutuhkan sebuah pengertian-pengertian yang logis yang dapat diekspresikan dalam segala aktivitas kehidupannya.

Sebagai orang yang paling dekat dengan anak-anak remajanya tentunya merupakan sebuah kewajiban apabila orang tua dituntut mampu untuk memberikan pengarahan serta mengajarkan tentang norma-norma dalam menjalin sebuah hubungan dengan orang yang menjadi kekasihnya. Orang tua harus mampu menjalin hubungan yang selalu terbuka deagan anak remaja, dimana agar terbuka peluang bagi anak remajanya untuk selalu mencurahkan apa yang menjadi permasalahannya. Dengan keterbukaan tersebut tentu akan lebih memudahkan orang tua untuk melakukan control akan semua yang akan dilakukan oleh seorang anak remaja dalam aktifitasnya sehari-hari.

Kewaspadaan orang tua merupakan sesuatu yang mutlak tatkala anak remajanya sudah mulai menjalin sebuah hubungan asmara dengan salah satu orang lawan jenisnya. Karean pada masa inilah anak-anak remaja memulai memasuki dunia berpacaran sebagai sebuah proses untuk saling mengasihi, mengerti,mempercayai serta menghormati bakal calon pasangan hidupnya. Karena tanpa adanya kewaspadaan dan perhatian yang lebih dari orang tua, kejadian kehamilan di luar nikahpun mungkin saja terjadi. Yang disebabkan kondisi kejiwaan seorang anak yang belum stabil dalam menjalin asmara pada masa berpacaran, tidak ada yang mampu memberikan control sebagai alat pengendali utama kondisi kejiwaan itu sendiri.

Maraknya kasus kehamilan di luar nikah yang banyak dialami oleh anak-anak remaja dewasa ini merupakan sebuah sinyal, yang menunjukkan kegagalan par orang tua dalam mendidik, membimbing serta member penjagaan pada anak-anak remaja mereka. Yang lebih mengerikan lagi adalah kejadian kehamilan tersebut diiringi pula dengan proses aborsi yang kini juga sangat sering terjadi. Dimana sesungguhnya tidak satupun orang tua yang menginginkan semua itu terjadi pada anak-anak remaja mereka.

Cara Mencegah Kehamilan Di Luar Nikah
Cara Mencegah Kehamilan Di Luar Nikah

Lalu sesungguhnya apa yang harus dilakukan oleh orang tua agar nak remaja mereka dapat menhindari dari semua  kejadian yang tidak diinginkan tersebut? Berikut kami akan memaparkan secara singkat cara mencegah kehamilan di luar nikah yang akhir-akhir ini marak terjadi di kalangan para anak-anak remaja kita.

  1. MEMUPUK RASA KEIMANAN PADA DIRI SEORANG ANAK REMAJA

Berikan perhatian khusus sisi religi pada diri anak remaja. Bimbing dan arahkan agar dia rajin beribadah, taat pada norma-norma agama. Mamapu mendalami ilmu-ilmu tentang agama tentu merupakan sebuah hal yang sangat positif agar anak remaja memahami hal-hal yang tidak boleh dilakukan, karena mereka mengerti arti sebuah dosa.

  1. MEMBERI PENGERTIAN TENTANG HUBUNGAN SEX

Orang tua harus mampu memberikan pengertian dan jangan lagi menganggap persoalan sex adalah sesautu yang tabu. Anak remaja harus mulai diberi pengertian bahwa seorang manusia hanya boleh melakukan hubungan sex apabila mereka telah menjalani suatu proses pernikahan. Hubungan sex merupakan sebuah hal yang sangat sacral dalam kehidupan manusia, dan tidak boleh dilakukan di luar pernikahan.

  1. MEMBERI PENGERTIAN ARTI SEORANG PASANGAN

Mulailah memberikan pengertian-pengertian tentang cara menjalin hubungan dengan pasangannya. Bahwa menjalin hubungan dengan seorang pacar harus mampu menghormatinya dam memperlakukannya secara baik. Proses berpacaran merupakan proses dalam memilih sesorang untuk menjadi pasangan hidupnya. Sehingga harus mampu menjadikan pasangannya tersebut menjadi orang yang dapat berfikir dalam satu arah tujuan yang positif, dan bukan sebagai tempat pelampiasan nafsu birahi.

  1. MEMBERI CONTOH DALAM BERSIKAP PADA PASANGANNYA

Adalah sesuatu yang penting, jika orang tua harus mampu memberikan contoh dalam berhubungan dengan pasanganyya. Agar anak remaja tersebut mampu mengambil nilai-nilai penting dalam berpacaran. Tunjukkan pada anak remaja kita akan keharmonisan kehidupan orang tuanya baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Meski semua itu merupakan sebuah tindakan-tindakan yang sepele, akan tetapi sebuah keharmonisan hubungan orang tuanya akan mampu berperan banyak pada diri anak remaja dalam proses berpacaran.

  1. MENGARAHKAN ANAK REMAJA PADA KEGIATAN YANG POSITIF

Tentu seorang anak remaja memiiliki banyak waktu luang di dalam aktifitasnya sehari-hari. Orang tua juga dituntut mampu mensiasati agar waktu luang yang dimilki anak remajanya tersebut tidak terbuang hanya untuk kegiatan-kegiatan yang tidak berguana. Berikan beberapa kesibukan yang bersifat positif untuk mengisi waktu luang tersebut. Seperti mengikuti les musih, olah raga maupun semua hal yang mampu menghindarkan pemikiran seorang anak pada hal-hal yang tidak berguan dan merugikan perkembangan kijiwaannya.

 

Itulah beberapa langkah yang dapat ditempuh oleh para orang tua yang merupakan Cara Mencegah Kehamilan Di Luar Nikah. Smoga paparan singkat di atas akan bermanfaat, dan dapat membangkitkan semangat baru bagi anda sebagai orang tua dalam mendidik dan menjaga anak-anak remaja kita, agar mereka tumbuh menjadi manusi-manusia yang bertanggung jawab seperti mimpi anda, menjadi manusia yang selalu bijak dalam dalam bertindak. Mampu mebedakan mana yang benar dan mana yang salah.


Tags:

Ads

You May Also Like

Membaca Karakter Orang Melalui Bulan Kelahiran

Membaca Karakter Orang Melalui Bulan Kelahiran

Membaca Karakter Orang – Seakan tiada habisnya  untuk membahas karakter-karak ter yang dimilki orang-orang di ...

Ciri-Ciri Anak Autis

Waspadai!! Inilah 7 Ciri-Ciri Anak Autis

Ciri-Ciri Anak Autis – Autis pada anak merupakan sebuah kondisi dimana seorang anak memiliki ...

Cara Menjadi Ibu Yang Baik

Inilah Cara Menjadi Ibu Yang Baik Untuk Anak-Anak

Cara Menjadi Ibu Yang Baik – Tidak bisa di pungkiri bahwa seorang peran seorang ...