Inilah Langkah Jitu Cara Mendidik Anak Yang Baik

Cara Mendidik Anak Yang Baik

Cara Mendidik Anak Yang Baik – Membahas masalah yang berkaitan dengan perkembangan seorang anak pasti tidak akan terlepas dari peran orang tua sebagai orang tua yang memang memilki peran akan kehadiran anak di dalam dunia ini. Meski masih banyak faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi dan menentukan, akan tetapi peran orang tua tidak bisa diabaikan begitu saja. Secara normal orangtualah sebagai satu-satunya orang yang paling dekat dan paling dikenal oleh seorang anak semenjak anak terlahir ke dunia. Dalam hal ini adalah seorang ibu, yang memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga, memelihara dan mendidik seorang anak.

Sesungguhnya tidak satupun orang tua yang menginginkan anak-anaknya tumbuh dan berkembang pada sebuah kondisi yang tidak sempurna. Bahkan faktanya semua orang tua ingin anaknya tumbuh berkembang secara normal,secara baik dan pada saatnya ananti akan menjadi seorang manusia dewasa yang cerdas, penuh tanggung jawab dan memiliki empati pada sesama. Namun keinginan mulia yang dimilki oleh semua orang tua tersebut sudah tentu tidak bisa terwujud begitu saja. Ada perjuangan yang harus dilakukan. Orang tua mesti melakukan beberapa tindakan nyata dalam melakukan bimbingan kepada anak-anaknya. Seperti yang banyak dikatakan oleh orang-orang bijak, jika menginginkan sesuatu yang baik menuntut banyak perjuangan. Demikian pula dalam mendidik anak secara baik.

Pada prinsipnya mendidik seorang anak dengan cara yang baik adalah sebuah usaha agar pada perkembangan seorang anak akan mengalami perkembangan intelektual, spiritual serta perkembangan emosiaonal yang semestinya. Kesemuanya itu dapat diraih apabila orang tua mampu mendidik anak dengan cara memotivasi dan mengajak seorang anak agar anak mampu menemukan hal-hal yang baru secara intelektual, spiritual maupun emosional, supaya anak tidak ketinggalaan mental.

Cara Mendidik Anak Yang Baik
Cara Mendidik Anak Yang Baik

Faktor intelktual,spiritual dan emosional merupakan 3 faktor penting yang tidak boleh disepelekan dalam mendidik anak. Lalu langkah apa yang harus ditempuh oleh orang tua  agar ke 3 faktor tersebut dapat berjalan dengan seimbang dalam pertumbuhan seorang anak? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan ini kami akan memberikan pemaparan singkat tentang bagaimana cara mendidik anak yang baik, agar faktor intelektual, spiritual serat emosiaonal tersebut dapat berkembang secara seimbang pada diri seorang anak.

BEBERAPA LANGKAH PENTING CARA MENDIDIK ANAK YANG BAIK

Berikut adalah beberapa langkah yang harus mendapat perhatian khusus bagi semua orang tua dalam mendidik anak-anaknya, agar tumbuh dan berkembang menjadi seorang anak yang baik.

  1. Mengajarkan Kemandirian Serta Tanggung Jawab Pada Diri Seorang Anak

Yang banyak terjadi adalah para orang tua memilki banyak kekhawatiran yang berlebih pada setiap tindakan yang dilakukan oleh seorang anak. Bahkan rasa khawtir tersebut pada kondisi tertentu akan muncul menjadi sebuah sikap yang over protektif terhadap diri seorang anak. Untuk mengajarkan seorang anak menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab, maka seorang tua dituntut untuk mencoba mempercayai setiap tindakan seorang anak akan tetapi tetap secara aktif harus memantau apa yang dilakukan oleh seorang anak. Biarkan seorang anak dapat mengenali dengan cara-caranya sendiri tentang benda-benda mainan yang dimiIlkinya. Biarkan seorang anak melakukan beberapa kesalahan dalam menggunakan beberapa alat permainan yang dimilkinya. Sebagai orang tua harus mampu membimbing, agar anak selanjutnya tidak melakukan kesalahan yang sama. Ajarkan pada anak-anak untuk mengumpulkan dan merapikan benda-benda yang merupakan alat dalam bermain. Dan memasuki usia sekolah orang tua juga harus mengajarkan kepada anak untuk dapat mempersiapkan sendiri apa-apa yang harus dipersiapkan dalam kegiatan belajarnya di sekolah.

  1. Ajarkan Untuk Mengetahui Hal-Hal Yang Baru

Pada anak yang memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, biasanya pada saat melihat sesuatu yang baru maupun mengalami hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah mereka alami akan banyak melontarkan banyak pertanyaan mengenai hal-hal baru tersebut. Sebagai orang tua harus mampu menjawab dengan jawaban yang logis dan sedetail mungkin. Agar anak dapat mengerti secara jelas. Jangan sekali-kali orang tua menjawab dengan jawaban “ tidak tahu”. Karean hal tersebut sesungguhnya akan berdampak negative pada rasa ingin tahu yang terdapat pada diri seorang anak.

Untuk anak-anak yang tidak suka bertanya tentang sesuatu hal-hal baru yang dilihat maupun yang mereka alami, maka orang tua wajib memberikan penjelasan tanpa seorang anak memintanya.

  1. Mengelola Pendapat Anak Secara Tepat

Sebagai orang tua yang baik, maka jangan sekali-kali kita bersikap acuh terhadap apa yang diutarakan dan apa yang menjadi pernyataan naka pada sesuatu. Baik itu pendapat tentang sebuah benda maupun sebuah peristiwa-peristiwa yang ada di sekitarnya. Kelolalah dengan bijak pendapat-pendapat tersebut, dengan cara mengoreksinya secara logis dengan memberikan penjelasan yang benar. Jangan segan-segan untuk memberikan pujian kepada pernyataan seorang anak yang memilki kesesuaian dengan sebuah benda  atau peristiwa yang dikomentarinya. Debngan cara itulah maka sesungguhnya perkembangan seorang anak untuk mengeluarkan pendapat akan dapat tumbuh dengan baik.

  1. Menumbuhkan Rasa Sosial dan Empati Pada Individu Lainnya

Hal ini penting, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak mungkin menjalani hidup tanpa adanya bantuan orang lain. Ajarkan anak untuk menghargai pendapat teman-temannya saat bermain. Hal tersebut akan menjadikan anak untuk menghargai orang-orang di sekitarnya. Dan ajarkan pada anak untuk berbagi sesuatu pada teman-temannya. Misalnya pada saat memilki suatu makanan, ajari dia untuk memberikan sedikit makanan tersebut pada temannya. Bermula dari hal-hal yang kecil tersebut sesungguhnya akhirnya rasa empati pada sesama akan dapat muncul dan berkembang pada diri seorang anak.

  1. Selalu Memberikan Contoh Perilaku Yang Baik

Pada tahap yang ke lima ini orang tua harus mampu bersikap bijaksana di depan seorang anaknya. Karena sesungguhnya apa-apa yang orang tua lakukan di hadapan seorang anak akan direkam dan disimpan dalam meori otak seorang anak. Sebagaimana apa yang diinginkan orang tua terhadap anaknya, maka orang tua harus bisa memberikan contoj-contoh yang baik dalam berperilaku. Kalau orang tua ingin anaknya menjadi orang yang sopan, maka orang tuapun harus memberikan contoh-contoh tindakan yang sopan. Baik terhadap anak tersebut maupun pada orang lain. Jangan sekali-kali melontarkan kata-kata kasar bahkan kotor kepada seorang anak. Karena hal tersebut akan berdampak sangat negative pada perkembangan psikologis anak. Orang tua harus mampu membrikan contoh cara makan yang baik, cara melakukan ibadah yang baik, cara berbicara yang baik. Agar semua perilaku yang baik tersebut dapat direkam oleh otak anak, yang selanjutnya akan diterapkan dalam perilaku-perilaku anak tersebut.

Nah, demikianlah beberapa langkah penting yang harus diketahui oleh para orang tua sebagai cara mendidik anak yang baik. Semoga apa yang kami paparkan di atas dapat bermanfaat, khususnya dalam memandu perkembangan seorang anak agar kelak anak-anak kita dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang dewasa dalam besikap, bertindak serta menjalani kehidupannya penuh dengan rasa tanggung jawab, seperti mimpi-mimpi anda selama ini.


Tags:

Ads

You May Also Like

CARA MEMBUAT ANAK MENJADI CERDAS

Untuk Orang Tua!! Inilah Cara Membuat Anak Menjadi Cerdas

Cara Membuat Anak Menjadi Cerdas – Tidak bisa dipungkiri bahwa semua orang tua selalu ...

Ciri Anak Cerdas

Ciri Anak Cerdas Dambaan Semua Orang Tua

Ciri Anak Cerdas – Manusia diciptakan oleh Tuhan memang membawa sebuah karakter yang bebeda ...

Cara Menjadi Ibu Yang Baik

Inilah Cara Menjadi Ibu Yang Baik Untuk Anak-Anak

Cara Menjadi Ibu Yang Baik – Tidak bisa di pungkiri bahwa seorang peran seorang ...