Langkah Jitu Atasi Burung Kenari Yang Stres

Burung Kenari

BURUNG KENARI – Langkah Jitu Atasi Burung Kenari Yang Stres ,Mungkin banyak pecinta burung khusunya burung kenari yang mengalami gundah gulana lantaran kenari peliharaan kesayangannya dengan tiba-tiba saja diam membisu tidak mau berkicau lagi. Seperti yang terjadi pada manusia ternyata  hewan peliharaan seperti halnya burung kenaripun juga dapat mengalami stress. Hanya saja jika manusia memilki banyak car untuk mengatsi stressnya, sedangkan untuk i burung kenari mungkin dengan diam tanpa mengeluarkan ocehannya itu solusi yang dia pilih. Dan dalam kondisi yang tak mau besuara lagi itulah yang sering membuat kita pusing tujuh keliling jadinya.

Burung kenari yang stress sesungguhnya dipicu oleh dua faktor besar, yaitu faktor yang berasal dari lingkungan burung tersebut dan faktor yang bersumber dari kondisi yang ada di dalam tubuh burung kenari. Atau dalam bahas ilmiahnya bisa disebut sebagai faktor internal dan faktor eksternal.

Burung Kenari
Burung Kenari

Faktor internal yang memicu terjadinya stress pada burung kenari diantaranya adalah :

  • Postur tubuh, postur tubuh yang terlalu gemuk atau kurus dapat memicu burung menjadi stress dan menyebabkan jarangnya burung berkicau
  • Kondisi kesehatan, seperti pada manusia maka pada saat burung kenari berada dalam kondisi tubuh yang tidak fit maka diapun akan cenderung tidak punya gairah untuk bernyanyi dengan mengeluarkan kicauannya.
  • Masa mabung, masa mabung merupakan sebuah proses yang dialami oleh semua jenis burung, termasuk pula dengan burung kenari. Seekor kenari akan mengalami kerontokan bulu yang lama proses perontokan bulu tersebut anatar enam hingga 7 minngu. Pada masa inilah akan membutuhkan banyak energy dan menuntut stamina yang prima. Ada kalanya seekor burung kenari kehabisan stamina pada waktu menjalani proses mabung tersebut, yang pada akhirnya dia merasa enggan untuk berkicau karena sesungguhnya dia mengalami stress menhdapi masa-masa mabung tersebut.

Burung kenari yang stress juga bisa diakibatkan karena adanya beberapa faktor eksternal, antara lain adalah :

  • Lingkungan sekitar, kondisi lingkungan sekitar yang kurang konduksif juga menjadi bisa menjadi seekor kenari menjadi stress. Seprti kondisi ysng terlalu bising baik oleh suara-suara manusia maupun suara lalu- lalang kendaraan.
  • Hewan predator, anjing dan kucing yang selalu berada di dekat kenari sudah pasti akan membuat tidak nyaman pada seekor kenari. Yang kemudian menimbulkan rasa takut, sehingga dia menjadi stress yang berakibat tidak mau lagi mengeluarkan ocehannya yang merdu seperti biasanya.
Burung Kenari
Burung Kenari

Langkah Jitu Atasi Burung Kenari Yang Stres

Untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas berikut adalah Langkah Jitu Atasi Burung Kenari Yang Stres :

  • Amankan posisi burung dengan menjauhkanya dari beberapa binatang predator
  • Letakkan kenari pada tempat yang tidak terlalu bising, berikan tempat yang teduh
  • Jika kondisi stress yang berkepanjangan, segera atsi dengan memberikan kerodong pada sangkarnya atau dengan teknik celup kepala dimana kita harus mencelupkan kepala burung kenari ke dalam air selama 2 detik saja
  • Berikan pakan yang berkwalitas dan lakukan penjemuran secara teratur dengan waktu yang tertentu juga
  • Lakukan teknik penyemprotan pada tubuh kenari, untuk memberikan kondisiyang lebih segar
  • Dekatkan burung kenari tersebut dengan burung gacor lainnya, dimaksutkan untuk merangsang stamina serta supaya dia rajin mengeluarkan kicauannya kembali
  • Lakukan penyuntikan, ini merupakan sebuah car a yang digunakan apabila kondisi stre yang dialami sudah terlalu parah

 

Nah, demikianlah beberapa lagkah jitu untuk mengatasi burung kenari yang stress. Semoga artikel singkat ini mampu membantu anda dalam mencar solusi dalam mengatsi burung kenari anda yang saat ini berada dalam kondisi stress dan tidak mau mengeluarkan ocehan seperti biasanya. Satu yang harus kita selalu ingat adalah, semua langkah-langkah di atas sangatlah memerluka ketelatenan dan kecermatan. Tanpa adanay ketelatenan dan kecermatan dalam bertindak maka jangan pernah bermimpi burung yang kita miliki dapat kembali riang mengeluarkan ocehannya kembali.


Tags:

Ads

You May Also Like

Kenari Air

Jenis Kicau Kenari, Burung Bersuara Merdu

Jenis jenis kicau kenari (Serinus canaria) merupakan jenis burung bersuara merdu yang populer dan ...

burung kenari

6 Langkah Poin Penting Cara Ternak Kenari

Cara Ternak Kenari – Mengapa sekarang semakin marak orang yang ingin membudidayakan kenari? Tidak ...

Nuri Kepala Hitam

Burung Nuri Kepala Hitam, Si Cantik dari Tanah Air

Binatang – Sebagai Negara dengan iklim tropis, Indonesia memiliki berbagai macam tumbuhan serta hewan-hewan ...