6 Langkah Poin Penting Cara Ternak Kenari

Cara Ternak Kenari – Mengapa sekarang semakin marak orang yang ingin membudidayakan kenari? Tidak lain dan tidak bukan karena kenari merupakan sebuah jenis burung yang memilki tingkat kepopuleran yang kian melambung. Dari hari ke hari jenis burung kenari semakin digandrungi oleh banyak orang. Bentuk yang mungil tampak menarik, serta jenis kicauannya yang khas mampu menhipnotis banyak orang untuk dapat memeliharanya dan bahkan kini semakin marak orang yang ingin bisa membudidayakannya sebagai salahsatu usaha bisnis yang menjanjikan. Sesungguhnya terdapat tiga alasan penting mengapa kemari menarik orang untuk dibudidayakan, antara lain adalah :

  • kenari merupakan salah satu jenis burung yang dalam cara hidupnya sangat mudah untuk beradapatasi dengan kondisi lingkungan yang ada.
  • kenari merupakan salah satu jenis burung penyanyi, bahkan apabila burung ini mendengar kicauan burung dari jenis burung lainnya akan sangat gampang untuk menirukan maupun mengikuti kicauan yang didengarkannya tersebut
  • kenari merupakan jenis burung yang gampang sekali mengalami peningkatan birahi, apalagi sang pemilki burung ini memahami cara member pakan yang tepat, merwat yang benar, serta mengetahui cara menjaga stamina burung kenari agar terhindar dari kondisi sakit-sakitan.

Dari banyaknya keinginan orang untuk membudidayakan berbagai jenis yang ada pada burung kenari , maka berimplikasi banyak nya orang mencari cara-cara jitu yang dapat digunakan dalam cara ternak kenari. Hal tersebut merupakan sesuatau yang wajar karena tanpa mengetahui dasar maupun hal-hal penting yang harus dilakukan maka usaha budidaya tersebut tentu tidaka akan mampu membuahkan hasil yang maksimal seperti yang diharapkan.

Cara Ternak Kenari

Cara Ternak Kenari

6 Langkah Poin Penting Cara Ternak Kenari

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa hal penting yang harus di perhtikan cara ternak kenari yang benar :

  1. KENALI JENIS KELAMIN

Mengenali jenis kelamin yang dimilki seekor kenari merupakan hal dasar yang mesti dipahami bagi para pemula yang ingin membudidayakan kenari. Cara membedakan antara kenari jantan dengan kenari yang berjenis kelamin betina adalah :

  • bentuk tubuh : kenari jantan cenderung memilki bentuk tubuh yang ramping dan postur tubuh yang lebih panjang, sedang kenari betina akan banyak memilki bentuk tubuh yang bulat dengan postur tubuh yang lebih pendek
  • usia gacor : pada kenari berjenis kelamin jantan akan lebih cepat untuk dapat berkicau dengan kicauan sederhana yang biasanya setelah usia satu bulan setelah lepas dari induknya, sedang pada kenari jenis betina membutuhkan waktu yang lebih lama bahkan ada juga  kenari betina yang tidak mengeluarkan kicauan hingga dia tumbuh dewasa
  • dari bentuk telur : sesungguhnya dari bentuk sebuah telur burung kenari juga dapat diketahui jenis kelamin yang nantinya akan muncul setelah sebuah telur tersebut akan menentas, dimana sebuah telur kenari dengan bentuk lonjong kemungkinan besar nantinya akan muncul seekor kenari berjenis kelamin jantan dan sebuah telur dengan bentuk cenderung bulat nantinya akan memunculkan kenari dengan jenis kelamin betina.
  1. KENALI USIA BURUNG KENARI

Mengetahui usia atau umur dari kenari juga sangat penting, karena dengan mengetahui umurnya kita akan dapat menyesuaikan jenis pakan yang akan kita berikan. Pada usia muda tentu jenis pakannya akan berbeda dengan jenisa pakan yang akan kita berikan pada kenari yang sudah dewasa. Selain itu masa birahi burung kenari juga dapat kita ketahui dari usia yang dimilkinya. Pada kenari jantan, umur delapan bulan merupakan umur birahi yang dimilkinya. Sehingga pada usia tersebut seekor kenari jantan memasuki masa siap kawin. Sedang pada seekor kenari betina masa kawinnya terbilang lebih cepat dibandingkan dengan seekor kenari jantan. Dimana seekor kenari betina akan memasuku masa birahi atau masa siap kawin pada saat usia enam bulan.

  1. MEMPERHATIKAN UKURAN, KEBERSIHAN SERTA PENEMPATAN KANDANG

Dalam usaha membudidayakan kenari memilih ukuran kandang yang tepat sangat berpengaruh pada perkembang biakan burung kenari. Pilihlah kandang yang memilki ukuran yang pas yang mampu mendukung keleluasaan kenari dalam bergerak dan melakukan aktifitasnya. Ukuran kandang yang lebih longgar lebih dianjurkan dibandingkan dengan sebuah kandang yang terlalu sempit sehingga tidaka akan menyebabkan kenari mengalami kondisi yang stres, yang tentunya  tidak akan merepotkan kita untuk mengatasi kenari dalam kondisi yang stres.

Kondisi kandang juga harus selalu perhatikan.Kesehatan kenari akan ditentukan pula oleh kebersihan kandang dari kenari tersebut. Kotoran kenari jangan dibiaarkan terlalu lama menempel pada kandang dengan cara kita bersihkan setiap hari. Selanjutnya kitpun harus dapat meletakkan kandang pada posisi yang tepat. Hal tersebut dapat kita lakukan dengan menempatkannya dengan menggantungnya pada tembok dalam posisi yang kuat dan jangan tempatkan kandang pada posisi yang mudah goyah. Jauhkan kandang dari tempat0tempat yang telalu bising, banyak serangga pengganggu sepreti semut ataupun serangga-serangga lainnya.

  1. TINDAKAN PENJODOHAN

Istilah budidaya kenari identik dengan langkah penjodohan atau mengawinkan  kenari betina denagn kenari jantan. Oleh karena itu langkan ini juga merupakan sebuah langkah yang sangat penting yang dapat menentukan keberhasilan budidaya kenari. Kita harus melakukan proses penjodohan dengan cara yang tepat. Letakkan kenari indukan jantan dan indukan betina pasa sebuah kandang khusus unruk penjodohan. Untuk langkah awal dapat kita lakukan dengan cara memberikan sekat antara kenari jantan dan kenari betina untuk beberapa hari. Hal tersebut ditujukan agar keduanya terlebih dahulu memasuki masa pengenalan antara satu dengan lainnya.  Baru kemudian setelah melalui masa pengenalan dapat kita ambil penyekat yang sebelumnya kita pasang.

  1. PROSES PENGERAMAN

Setelah terjadinya proses perkawianan antara kenari jantan dan betina tentu langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan tempat untuk bertelur sekaligus tempat untuk pengeraman telur tersebut. Selanjutnya kita juga harus mengetahui seberapa lama proses pengeraman yang akan dilakukan pada sebuah telur brurung kenari. Proses pengeraman tersebut biasanya akan memakan waktu 12 hingga 14 hari lamanya, namun itupun juga akan ditentukan juga dengan kondisi suhu dan cuaca yang ada. Untuk lebih menstabilkan sushu serta memberikan rasa hangat pada indukan kenari, ada baiknya kita pasangkan sebuah lampu balon dengan ukuran 5 watt agar proses pengeraman dapat berjalan dengan baik. Setelah telur-telur menetas kitapun dituntut untuk menyadiakan dengan porsi yang lebih, demi menjaga pertumbuhan anakan –anakan kenari yang baru muncul tersebut.

  1. MENJAGA KESEHATAN KENARI

Pemberian vitamin yang kita campurkan dalam minuman merupakan sebuah cara yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan kenari. Lakukan pemandian serta penjemuran pada kenari secar teratur setiap hari. Dengan ketelatenan serta kcermatan dalam melakukan perawatan sudah barang tentu akan menghasilakn kenari-kenari yang jago bernyanyi seperti mimpi anda di dalam budidaya dan memelihara burung kenari.

Burung Kenari

Burung Kenari

Demimikianlah beberapa langkah cara ternak kenari yang harus anda pahami dalam usaha budidaya kenari yang ingin anda lakukan. Semoga paparan ringkas di atas dapat bermanfaat bagi anda semua yang ingin membudidayakan burung kenari. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

6 Langkah Poin Penting Cara Ternak Kenari | baymonttampa | 4.5